Mantan Staff Kesbangpol Kota Denpasar, Matius Maia Tutup Usia

by -1,191 views
Almarhum Matius Maia (Kanan) semasa hidup

BADUNG NEWS –

Kabar duka datang dari keluarga Timor Aswain-Bali.  Matius Maia yang merupakan pria kelahiran Timor Timur 2 oktober 1957 meninggal dunia. Matius yang pernah menjabat sebagai staf Kesbangpol Kota Denpasar meninggal pada usia 63 tahun 3 bulan 11 hari pada 13 Januari 13 Januari 2021.

 

Menurut pihak keluarga, Matius tutup usia secara mendadak. Dari hasil pemeriksaan Laboratorium menunjukan almarhum Matius Maia nonreaktif Covid-19.

 

Demikian keterangan salah seorang anggota keluarga almarhum Matius, Filomino Da Silva di rumah duka Rumah Sakit Umum Dharma Yadnya, Tohpati,  Jl. WR Supratman No.256, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Jumat (15 Januari 2021)

 

Keluarga merasa sangat kehilangan sosok Matius. Filomino mengenang almarhum Matius sebagai sosok yang baik dengan semua orang. “Bapak Matius adalah sosok panutan. Dia baik dengan semua orang. Selain itu dia juga tokoh masyarakat dan juga mantan walikota Dili pada tahun 1996. Terakhir Bapak Matius menjabat sebagai staff Kesbangpol kota Denpasar,” ungkap Filo

 

Filo juga memaparkan, almarhum Matius yang merupakan alumni Universitas Katolik Atmajaya Jakarta tahun 1988 ini pernah menjadi guru di zaman Timor Portugis pada 1973.

 

Selain itu tahun 1976 pada masa integrasi Timor-Timur berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara di Biro kewenangan Provinsi. Pada tahun 1989 menjadi staf di kantor Gubernur Timor Timur.  Tahun 1990 Kepala Bagian Perencanaan Kanwil pertambangan Provinsi Timor Timur. Tahun 1996 sebagai Walikota Dili.

 

“Selanjutnya, karir almarhum Matius berlanjut di Denpasar yaitu  Staf Ahli Walikota Denpasar dan terakhir sebagai staf Kesbangpol Kota Denpasar,” ujar Filo

 

Adapun Organisasi yang pernah diikutinya adalah Anggota Dewan konsultatif DPP Timor Aswain (2005-2010). Ketua DPW Timor Aswain Bali (2010-Sekarang). Pernah juga berposisi sebagai Dewan Penasihat DPP Pusat Koper Kesmatim.

 

Selain itu sederet penghargaan juga pernah diterima Matius semasa hidupnya. Matius pernah dianugerahi gelar veteran Pembela Timor Timur pada tahun 1990. Selain itu Matius juga mendapat Piagam Penghargaan tanda jasa dan kesetiaan membela NKRI pada tahun 2014.

 

Jenazah almarhum Matius dimakamkan di Taman Makam Umat Kristiani – Mumbul Nusa Dua Bali pada Jumat, 15 Januari 2021. ***Roby