Terus Jalankan Usaha pada Masa Pandemi, Ini Kiat Franthika

by -152 views
I Nyoman Ari Franthika

BADUNG NEWS-

Pandemi Covid-19 yang sudah hampir setahun melanda dunia dan menggeroroti seluruh nadi kehidupan. Tidak menghentikan semangat entrepreneur muda, I Nyoman Ari Franthika untuk terus survive dengan usaha toko bangunan miliknya di Jl. Raya Buduk Badung Bali. Toko bangunan miliknya yang diberi nama Usaha Dagang (UD) Ayu Makmur tetap beroperasi meski covid-19 melanda.

Saat ditemui di UD Ayu Makmur, Buduk, Mengwi Badung,  Jumat (13 Nobember 2020, ia mengaku, keyakinan dan 0ptimismelah yang menggerakannya dirinya untuk memulai usaha ini beberapa tahun silam, sekaligus yang terus menguatkannya hingga era new normal sekarang ini.

 

“Pada masa pandemi ini intinya kita optimis saja. Apapun bentuk usahanya kalau pesimis, ya pastilah tidak akan jalan. Selain itu kita bekerja sambil berdoa, Ora et labora,” ungkap pebisnis muda yang akrab disapa Fran ini.

 

Fran mengakui, setiap hari pasti ada saja pembeli. Walaupun tidak seramai sebelum pandemi, yang membutuhkan bahan bangunan tidak dibatasi oleh pandemi. Hal ini disebabkan membangun rumah menjadi kebutuhan pokok, seperti kebutuhan sandang dan pangan.

 

“Yah, ada saja yang datang beli. Semen, besi, cat, asbes, triplek, baut, paku, dan lainnya pasti dibutuhkan. Masa pandemi juga kan peluang bagi orang-orang untuk renovasi maupun membangun rumah,” ungkapnya.

 

Fran juga menjelaskan bahwa harga bahan bangunannya tentunya mengikuti harga pasaran bahan bangunan pada umumnya. Jadi untuk masyarakat Dalung dan sekitarnya, jika butuh bahan bangunan mampir saja ke UD. Ayu Makmur.

 

“Untuk harga bahan bangunan di toko ini harganya tentu saja bersaing. Jadi siapapun uang mau bangun rumah maupun renovasi, kami siap melayani kebutuhan bahan bangunan. Mau bangun rumah, ingat Ud. Ayu Makmur,” tutup Fran.* Robi